cerita pagi


Entah kenapa pagi ini aku kembali merindukan secangkir kopi, dan sebatang rokok sudah pasti sebagai teman penambah nikmat kopi. Padahal selama bulan ramadhan kemarin aku bisa terlepas dari "belenggu ini". uhhh, sangat sangat ingin sekali, tak bisa dibendung lagi.


Persediaan kopi pun udah gak ada , terpaksa recehan dalam kaleng disudut ruangan ini yang harus berimproviasi. berbekal Rp 2000 terpenuhi sudah hasrat untuk secangkir kopi dan sebatang kretek dengan judul "234". AHHhhh, secangkir kopi hitam terhidang sudah, rokok pun sudah mengepulkan asap dari mulutku yang sudah lebih 1 bulan tidak terkena nikotin. Memang ini rasa kerinduan yang terdengar bodoh, namun kerinduanku harus aku penuhi.

Bersandar pada sebuah kursi yang usianya terhitung tua, lebih dari separuh umurku. aku merasa seperti anak penderita "autis" yang asik sendiri. tidak peduli gunjang-ganjing di televisi tentang maraknya kasus pelaku penebangan liar, aliran sesat, sepak terjang gank bermotor sampai kepada artis yang tersangkut kasus narkoba. welehh,, kok gw jadi sering nonton televisi akhir-akhir ini. Padahal TV adalah salah satu kemajuan tehnologi yang tidak begitu aku sukai. Terlukis lagi sebuah sisi yang tak sengaja terpahami.

Eyi,,, aku teringat tadi malam kau tanyakan kepadaku melalui telepon, apakah aku masih suka kepada mawar, bunga indah yang ditumbuhi duri?. yahhh sahabatku ini adalah suara masa lalu yang terus bersuara hingga kini, walaupun jarak tak dekat lagi. "tidak" jawabku berusaha munafik, karena memang tidak ada lagi bukti bahwa aku suka menanam bunga itu. dengan bahasa puitisasi ku jawab saja "

"belakangan ini aku sedang mencoba memahami dan
mandalami keindahan dari teratai"

aaahh sudah lah, tidak penting lagi. "people changes". namun aku tidak berubah sepenuhnya, aku masih suka mendengar "alpha blondy" penyanyi Ragae yang giat menyuarakan kebebasan dan perdamaian di "Liberia", melalui syair dalam lagunya dan aku juga masih suka mendengarkan"bob marley". sekali sekali juga kudengarkan nyanyian dan sayatan gitar dari "gary moore". kebetulan sekali kali ini kopiku ditemani suara "legenda" jamaica. Seorang seniman yang "hidup setelah dia mati".

tidak ada perubahan yang mendasar disini, aku masih suka kepada filosofi "hara kiri" walaupun hanya kiasan kecil yang kuambil manfaatnya. aku juga masih teringat ketika pertama membaca "orang-orang sicilia" hingga "Last Don". aku juga sedikit teringat sepak terjang Crocifixio dan Dante dua saudara dalam satu kelurga mafia itu. berikut istilah-istilah yang dipakai dalam melakukan aksi pembunuhan kepada musuhnya berupa "konfirmasi" ataupun "komuni"

hmmm aku bergumam sendiri, sambil terus menenggak kopi, kenapa ya aku begitu suka dengan cerita-cerita para "bajingan"??. aku juga tidak tahu kenapa?. yang jelas, "aku begitu menyukai rasa kekeluargaan yang tergambar dalam gangster-gangster asal italia tersebut. dan lagi aku juga mengagumi, betapa mereka begitu membenci "pengkhianatan". dan menyukai kebebasan, bukan kebablasan.

pada sebuah kata kebebasan, lamunan ku terhenti, konsentrasi pada potongan syair "redemption song" dari suara serak seorang berambut gimbal "

emancipate yourselves from mental slavery
none but ourselves can free our minds
have no fear for atomic energy
cause none of them can stop the time

how long shall they kill our prophets
while we stand aside and look?..ooh
some say its just part of it..
We've got to fulfil de book

wont you help to sing... These songs of freedom
cause all I ever have..
redemption songs
Redemption song...


Akhirnya aku menemukan, bahwa dari segala raja keburukan sekalipun kita bisa mengambil sesuatu yang sangat baik, dengan bahasa yang lebih bijaksananya "kita bisa mengambil hikmah"... ahhh gw jadi sok tauuuuuuu!!!!.
Entahlah aku aneh atau apalah!! yang jelas aku menyukai kedamaian dan kebebasan!!!

Sebatang rokok telah kuhabiskan, kopipun telah terlihat sisa ampasnya seperti tanah jakarta yang sedang becek. Saatnya berganti lamunan, mau nonton film yang (mungkin sudah puluhan kali) aku tonton. mulai nonton ahh judulnya "SCARFACE".
hahahaha.. lagi-lagi masih bertema cerita "bajingan".

saya akan tetap ambil manfaatnya, bagaimana dengan anda?


15 comments:

Me said...

Dalam setiap hal, seburuk apapun, selalu ada hikmah yang bisa dipetik.

Anonymous said...

Ceritanya sangat menyentuh, Mas. Goresan dan rangkaian kata - katanya kental dengan makna.

Setiap sisi kehidupan, meninggalkan makna yang dalam.

Iman Brotoseno said...

Scarface..Al Pacino memang yahudd

Unknown said...

Beraaaat...
Dibalik sosok pecinta kopi item dan kembalinya si 234, banyak ingatan akan hikmah yg diperoleh selama menjalani hidup.
Dari sekian hal yg diceritakan, memang masih banyak yang asing di telinga saya, maklum miskin pengetahuan, tapi saya mencoba menghayatinya dari sisi penulisannya.
Bagi saya jauh lebih mudah menikmati tulisan daripada puisi.

Anonymous said...

OOT: chal, sabtu ada acara ga?

Anonymous said...

saya tunggu cerita siang, sore dan malamnya bang...

Selamat berkarya...

adekjaya said...

hidup, sebuah episode dari naskah yang tidak kita ketahui..kita hanya harus berimprovisasi terhadap naskah yang tidak ketahui tersebut..
baik buruk adalah bagian dari improvisasi naskah hidup kita..

dew said...

Suka teratai juga, Chal?
Aku punya banyak koleksi foto-foto teratai. :)

Anonymous said...

cerita pagi saja sudah berat banget nih mas..:)

Saya setuju deh..di setiap peristiwa berat apapun, terjadi bukan kebetulan. Pasti ada sesuatu yang berarti di baliknya..

Anonymous said...

hmm....kopi+rokok+duduk santai+lamunan what a perfect combination....anyway setuju bgt, its depend on our point of view, pasti ada sisi baik yg kita bs ambil pelajaran dari apa pun, dari mana pun, dari siapa pun. thats it, HAPPY NOW???

Unknown said...

kok gak beramain pada puisi indah mu mas ???

Anonymous said...

chal..dino minggu ono acara nggak??? (nyontek komen diatas sono) :p

ichal said...

mkasih but komennya, mbak ani, pak iman,dewadewi,nunik,

ichal said...

to artja dan senja : sabtu minggu gk da acara tuhh!!

to dew :,,, beljar suk teratai dengn bahasa puitisasi heheh

to adekjaya & RMY makasih ya

to mas landy : bukan tidak berpuisi, tpi ada temen yg minta saya nulis selain puisi hehehe, menjaga silaturhmi

GHATEL said...

Selamat menikmati secangkir kopi dan sebatang rokok..... (mengen2in aja)

Lupa

Jeda yang disengaja, berpura sibuk dunia menjadi abdi pelayan tantrum bayi bayi berbulu kaki test blog lagi yang sudha lupa password.