Monday, December 24, 2007

belenggu rindu

terperangkap aku disini
dibatas dua cahaya
sebelum senja memerah
dan rinai yang mengiring langkah//

di kala angin tak mampu menghantar bisikan
dan pekat halimun menutup kalbu//

aku kehilangan kendali...
tali kekang ini tak lagi berfungsi
bahkan ketika aku menunggangi kuda sembrani//

sekat-sekat semakin mendekat
tanpa warna lalu membungkusku laksana ruang hampa
hitam putih ini mengurungku,,, dan takkan pernah mau tahu//
membaca sebuah hikayat lalu membiarkanku tersesat..

dimana kepingan hatiku
kemana penuntun langkahku//... aku membutuhkanmu
keluarkan aku dari perangkap semu
bawakan aku segenggam rindu//... ajari aku mencintaimu...

Sunday, December 16, 2007

independent melow story

Di bening malam ini
desah rintik gerimis datang.....
menghanyutkan sinar rembulan

buram kaca jendela
seburam waktu yang berlalu......
........................................................
sedang kumasih menunggu...
ungkapan rasa,,,, dari keinginan baikku
untuk bersama,,,, menempuh jalan hidup
***
kuingin selalu dekatmu, sepanjang hidupku
membawamu,,,, ke puncak bahagia
kuingin selalu dekatmu, nikmati mentari
mendekapmu dibawah cahayanya.....

"gank peganksaan"



Kawan! itu adalah penggalan syair lagu yang disuarakan oleh Keenan Nasution bersama Gank Peganksaan" yang judulnya pun aku telah lupa. Lagu itu pulalah yang sering aku nyanyikan dalam kamar kost ataupun di tepian pantai ulak karang dengan gitar akustik yang sudah butut, haha. Setelah penat kita mendengarkan dan mempelajari lagu-lagu keras dari Metallica, setelah "feeling"mu mentok ketika mencoba menirukan melody dari Kirk Hammet pada lagu "one" atau "seek and destroy". juga ada tawa ketika aku mencoba memaksa menyanyikan "she is gone" dari Steel Heart, karena suaraku yang tidak pernah sampai mencapai hingga terdengar seperti orang tercekik. Walapun pada akhirnya beralih mementaskan nomor blues dari Gary moore dan cuma membawakan lagu "one day" minus "still got the blues".

Entah kenapa aku teringat ini ketika 10 kalender telah berganti, justru ketika tadi malam mendengar suara salah seorang dari habitat yang sudah terserak-serak. Yahh.. mungkin memang karena kerinduan pada tepian pantai ulak karang. Hanya sebuah suara, kawan mecoba memancingku untuk bercerita.

Kawan...!!! jika cerita tentang cinta yang kau harapkan, sudah pasti tidak banyak cerita yang akan kau dengar, karena memang tidak banyak kisah yang akan kuceritakan, selain dari kegagalan. Namun jika kau ingin mendengar cerita tentang persahabatan dan kesetiaan, aku akan memberi garansi untuk menceritakannya kepadamu hingga fajar pagi.

Kawan...!!!. Aku dan kita semua pasti menginginkan sebuah peran yang bernama "kesetiaan". karena ini adalah jaminan dari sebuah ikatan suatu hubungan, baik hubungan kita sesama manusia, ataupun hubungan kita kepada Pencipta. Ahhhhh,, tentu bukan kapasitasku untuk memberikan definisi dan menjabarkan arti dari "kesetiaan" karena aku bukanlah seorang ahli filsafat ataupun teknokrat. Mungkin hanya sekedar menyegarkan ingatan, aku bisa menuliskan sebuah petikan perjalanan :

"Bang..! gue seneng bisa dipercaya oleh banyak orang, tapi gue bangga jika bisa menjaga kepercayaan walaupun cuma dari 1 orang saja".

Kawan...!!! bukankah selama ini aku tidak pernah mempersoalkan batas usia?, tidak pernah membandingkan seberapa jauh perjalanan yang telah kita tempuh?, tidak pernah menghitung angka-angka yang telah kita tabung?. Karena urusan "pahala dan dosa" sudah ada yang bertugas mencatatnya???!!!.

Aiiiihhhh kawan!!!, tidak mewah yang aku berikan, hanya berusaha menjaga kemurnian, kepercayaan dari sebuah persahabatan.

Wahai kawan,,, aku ingin kembali menyanyikan syair lagu diatas, tapi aku kehilangan gitar akustik butut itu, Dimanakah benda itu sekarang???





Wednesday, December 12, 2007

melati dari bidadari

Malam ini,,, dia kembali
dibawa rindu semilir sang bayu
menyelusup kedalam kisi-kisi hati
bersama keharuman berjuta melati

Malam ini,,,.... dia disini
reinkarnasi pada sosok bidadari
berbalut sutera putih..... lalu menari

liukan tubuh..... tatapan nan teduh
seakan menyingkap helai-helai syair kerinduan
mengisi ruang-ruang sunyi
menemaniku sebelum bermimpi

Malam ini......
aku dibawa melayang
mengenang kelembutan bayang-bayang
meretas rindu kasih sayang

Malam ini.... aku bersama bidadari
Kembali.....
Menari....
Melayang....
Mengenang....
Rangkaian Melati Putih,.... yang telah lama menghilang

Sunday, December 9, 2007

sebait renungan



lalui malam, menikam hujan
gelap dan terang, cahaya dan prahara
hari ini telah kulewati
separuh perjalanan sang junjungan
jibril tak kunjung datang
akankah izrail yg ku undang.......??




Tuesday, December 4, 2007

simphony untuk Eyi

Padamu...
aku telah berjanji
tentang malam ini
sesosok malam yang terkikis hujan
dan hati yang terbasuh embun pagi
...tetapi mengapa aku masih tetap disini.....

malam ini aku kembali
tunaikan angan dan mimpi
untuk hadirkan sebuah simphoni

untukmu......
kupentaskan dalam taman rerinduan
bersama kulik suara elang
dan riuh syahdu
kepak sayap kupu-kupu

untukmu,,, dari jiwaku
sebuah orchestra tanpa biola
tanpa lagu tanpa kata
harmoni nada dalam gulita

dengarlah.....
senandung degup jantung
dan desir-desir dalam nadi sebagai perkusi
mari nikmati...
dan duduklah disini
mengisi nada mencapai harmoni

rambutmu yang legam terurai
kan kujalin laksana dawai.....
bersama kita ciptakan harpa
dan bidadari mungil itu sebagai pemetiknya


Saturday, November 24, 2007

BERJALAN PERLAHAN



culik gambar disini



Monday, November 19, 2007

tanya lelah



"postingan ini sama judulnya dengan yang ditulis oleh si cantik ini namun isi berbeda. sebagai ucapan terima kasih atas motivasinya dan tantangan yang diberikan kepada saya.
dengan membaca tulisannya bagi saya dia sedang mengulurkan sebuah "selendang" persahabatan yang mengajak menari mengikuti liukan-liukan kata yang disusunnya, (tengkyuu ya num). " tetap bersinar dan menjadi elang.

"memang ini tentang hidupku yang harus tetap berjalan, walaupun tak sanggup menggunakan baju gamis dan sorban !!"

17 november 07 jam 23. 45 waktu itu

Semilir angin malam mendesau sejuk di telingaku, gemintang menerangi malam dengan cahayanya yg berkilau. kumpulan itu nampak melayang-layang, dengan salah satu diantaranya begitu terang dan lebih besar dari bintang lainnya. "apakah ini yang dinamakan kejora?", jika benar, kenapa ukurannya lebih besar? apakah dia raja dari segala bintang?. lalu benarkah" dia" terletak di sebelah timur?. kenapa tidak memilih barat atau tenggara?....

ahhhh, pertanyaan yang bodoh!
Sebodoh aku menafsirkan arti hidup ini, sebodoh ketika aku pertanyakan kepadamu tentang "burung-burung manyar". itupun kalo kau masih ingat dengan pertanyaan itu, karena sampai saat ini aku tak pernah tahu, sejenis apakah burung manyar itu?, apakah dia sejenis unggas yang terbang seperti elang, ataukah seperti angsa putih yang sedang berenang, ataukah seperti pinguin???.
yahhh,,, semakin besar saja timbunan bodohku kayaknya sebentar lagi akan menjadi gunung.

lelah!!!
Memang aku sedang lelah, menghapus keringatku yang bercucuran dan sudah bercampur darah. Memang!!, aku teramat lelah, lelah ketika menghadapi perang dengan gerombolan kurawa yang sering membuat bising astinapura.

Apakah aku perlu istirahat?. Tidak!, tidak mungkin aku bisa beristirahat sedangkan hidup yang sedang kujalani masih dalam peristirahatan, masih pada sebuah persinggahan. dan rasanya aku begitu angkuh, ketika aku memikirkan nasib mereka. dimana sebenarnya aku berada???

Mungkin kemarin aku pernah bercerita tentang sepasang samurai, tentang semangat bushido, hingga hara kiri. benar!, samurai ini memang multi fungsi, saat ini sebagai hiasan,. Namun suatu ketika "samurai" ini bisa menjadi mesin pembunuh yang handal, sehandal "agent orange" yang di gunakan dalam perang vietnam.
Rasanya istilah harakiri yang terkagumi sudah semakin dekat denganku. entah...! apakah benar aku mampu melakukan itu, apakah aku bisa menjelma menjadi ksatria dari negeri matahari terbit. oalahhhh, hidup ini ternyata terlalu mahal. bahkan untuk mengkhiri hidup pun harus mengimpor senjata, kenapa sih gak pake mandau, badik atau rencong saja?.


ahhhh!! aku membual, sama halnya aku membual tentang hatiku yang setegar karang, sama halnya dengan aku membual tentang kesabaran. Jika aku terus jujur apakah ada jaminan aku tidak akan hancur?.

Yang nyata adalah, aku sedang dalam permainan Russian Roulette. dan aku sedang melempar granat tangan dalam ruangan sebesar 2 x 1 meter persegi.

Apa lagi yang harus kulakukan selain pasrah dan diam?????






Saturday, November 17, 2007

terawang cinta



Dalam kepakatan malam
aku menyatakan cinta.......
pada ratu penguasa kesunyian
dan keheningan yang yang terpancar dari kelam
wangi tubuh, aura dan warna kepastian
pancarkan cahaya kehitaman

percikan memerah dari belati hati
yang terhunus dari jemari lentik
menikam gumpalan darah
menembus ruang dada
aku tertikam cinta.........

cintaku pada kesendirian
pada ruang-ruang sunyi yang terisi...
oleh kepakkan sayap semu burung-burung pembawa rindu

rinduku tertumpu
kepada batu-batu bersurat yang tergolek,
kepada simbol-simbol yang tersirat
tertanam pada dataran keabadian


cintaku telah telah berpadu dengan kesendirian
dan pekatnya malam........
.......aku telah,,,, telah mencintai kesunyian......




Tuesday, November 13, 2007

cerita pagi


Entah kenapa pagi ini aku kembali merindukan secangkir kopi, dan sebatang rokok sudah pasti sebagai teman penambah nikmat kopi. Padahal selama bulan ramadhan kemarin aku bisa terlepas dari "belenggu ini". uhhh, sangat sangat ingin sekali, tak bisa dibendung lagi.


Persediaan kopi pun udah gak ada , terpaksa recehan dalam kaleng disudut ruangan ini yang harus berimproviasi. berbekal Rp 2000 terpenuhi sudah hasrat untuk secangkir kopi dan sebatang kretek dengan judul "234". AHHhhh, secangkir kopi hitam terhidang sudah, rokok pun sudah mengepulkan asap dari mulutku yang sudah lebih 1 bulan tidak terkena nikotin. Memang ini rasa kerinduan yang terdengar bodoh, namun kerinduanku harus aku penuhi.

Bersandar pada sebuah kursi yang usianya terhitung tua, lebih dari separuh umurku. aku merasa seperti anak penderita "autis" yang asik sendiri. tidak peduli gunjang-ganjing di televisi tentang maraknya kasus pelaku penebangan liar, aliran sesat, sepak terjang gank bermotor sampai kepada artis yang tersangkut kasus narkoba. welehh,, kok gw jadi sering nonton televisi akhir-akhir ini. Padahal TV adalah salah satu kemajuan tehnologi yang tidak begitu aku sukai. Terlukis lagi sebuah sisi yang tak sengaja terpahami.

Eyi,,, aku teringat tadi malam kau tanyakan kepadaku melalui telepon, apakah aku masih suka kepada mawar, bunga indah yang ditumbuhi duri?. yahhh sahabatku ini adalah suara masa lalu yang terus bersuara hingga kini, walaupun jarak tak dekat lagi. "tidak" jawabku berusaha munafik, karena memang tidak ada lagi bukti bahwa aku suka menanam bunga itu. dengan bahasa puitisasi ku jawab saja "

"belakangan ini aku sedang mencoba memahami dan
mandalami keindahan dari teratai"

aaahh sudah lah, tidak penting lagi. "people changes". namun aku tidak berubah sepenuhnya, aku masih suka mendengar "alpha blondy" penyanyi Ragae yang giat menyuarakan kebebasan dan perdamaian di "Liberia", melalui syair dalam lagunya dan aku juga masih suka mendengarkan"bob marley". sekali sekali juga kudengarkan nyanyian dan sayatan gitar dari "gary moore". kebetulan sekali kali ini kopiku ditemani suara "legenda" jamaica. Seorang seniman yang "hidup setelah dia mati".

tidak ada perubahan yang mendasar disini, aku masih suka kepada filosofi "hara kiri" walaupun hanya kiasan kecil yang kuambil manfaatnya. aku juga masih teringat ketika pertama membaca "orang-orang sicilia" hingga "Last Don". aku juga sedikit teringat sepak terjang Crocifixio dan Dante dua saudara dalam satu kelurga mafia itu. berikut istilah-istilah yang dipakai dalam melakukan aksi pembunuhan kepada musuhnya berupa "konfirmasi" ataupun "komuni"

hmmm aku bergumam sendiri, sambil terus menenggak kopi, kenapa ya aku begitu suka dengan cerita-cerita para "bajingan"??. aku juga tidak tahu kenapa?. yang jelas, "aku begitu menyukai rasa kekeluargaan yang tergambar dalam gangster-gangster asal italia tersebut. dan lagi aku juga mengagumi, betapa mereka begitu membenci "pengkhianatan". dan menyukai kebebasan, bukan kebablasan.

pada sebuah kata kebebasan, lamunan ku terhenti, konsentrasi pada potongan syair "redemption song" dari suara serak seorang berambut gimbal "

emancipate yourselves from mental slavery
none but ourselves can free our minds
have no fear for atomic energy
cause none of them can stop the time

how long shall they kill our prophets
while we stand aside and look?..ooh
some say its just part of it..
We've got to fulfil de book

wont you help to sing... These songs of freedom
cause all I ever have..
redemption songs
Redemption song...


Akhirnya aku menemukan, bahwa dari segala raja keburukan sekalipun kita bisa mengambil sesuatu yang sangat baik, dengan bahasa yang lebih bijaksananya "kita bisa mengambil hikmah"... ahhh gw jadi sok tauuuuuuu!!!!.
Entahlah aku aneh atau apalah!! yang jelas aku menyukai kedamaian dan kebebasan!!!

Sebatang rokok telah kuhabiskan, kopipun telah terlihat sisa ampasnya seperti tanah jakarta yang sedang becek. Saatnya berganti lamunan, mau nonton film yang (mungkin sudah puluhan kali) aku tonton. mulai nonton ahh judulnya "SCARFACE".
hahahaha.. lagi-lagi masih bertema cerita "bajingan".

saya akan tetap ambil manfaatnya, bagaimana dengan anda?


Thursday, November 8, 2007

aku digaris bawah(i)


tadi malam aku terus terjaga
tersenyum bahkan tertawa
teringat bincangku bersama rekan dari ujung banda

tentang aku dan mereka
tentang putik-putik dunia
pembesar-pembesar karya
dan mereka yang bertahta pemilik singgasana
yang mahir berolah kata.......

hehehe,,, aku nyengir
apakah aku peduli...??
belum tentu dan tidak pasti...

aku berotak udang, kepalaku berisi kotoran
akupun masih ingat jika aku seorang bangsat.....
yang berlatih diri untuk tidak sesat
apalagi sampai menjilat pantat

hi hi hi,,, aku tertawa geli
aku jorok, kata-kataku seronok

tapi aku merasa mereka lebih jorok..!!
mereka yang ber-onani, me-lacur-kan intelektualitasnya
demi sebuah sensasi pengakuan diri....

ber-hati....!! tak terpakai.... ataukah telah tergadai???
ber-nyali...!! tak nampak seperti seorang pemberani
Patriot...bermental pembelot

mereka berpikir, mereka peduli
cinta air, udara dan matahari
mereka terenyuh,,,mendengar resah dan sosok lusuh
mereka-kah??

hi hi hi,,, aku tertawa lagi
aku berekspresi, untuk kemerdekaan hati
terserah mereka suka ataupun keki

ha...ha,ha, hahaha
aku tertawa..... semakin keras tertawa
untuk aku dan mereka
saat ditanya, mereka berkata-kata
hingga yang melukiskan dalam guratan pena
.....ternyata....
aku dan mereka
punya slogan yang sama
cinta pada sesama dan cinta hidup merdeka
aku-
kah?? atau mereka-kah?

sejenak ku berhenti tertawa...
aku adalah aku... raja dari ragaku
mereka...????
ahhh,,, biarkan mereka hidup merdeka
biarkan mereka berkarya
mengisi ruang kosong pada jendela hati mereka


Tuesday, November 6, 2007

November Rain HBH Monas




sepuluh rindu berpadu menjadi satu
dalam deraian hujan syahdu
lain waktu berharap 10 rindu menjadi seribu



Mendung mengawali pagi jakarta pada 3 november tahun ini, awan yang berarak hitam tidak menyurutkan langkah saya untuk menghadiri "halal bihalal" beberapa bloger yang sedianya diadakan di kawasan lapangan IKADA (jadul banget yakkk???), diganti aja bahasa menjadi "kawasan monas".

Awalnya sempat di landa keraguan untuk ikut perhelatan tersebut dikarenakan situasi dan kondisi saya yang sedang tidak memungkinkan, namun berkat isnuansa maharani (nunik) yang terus meyakinkan saya maka sayapun antusias untuk hadir.

Walaupun hujan menghadang, tapi saya tetap melaju dengan kebulatan tekad yang ada. tujuan gak langsung ke "monas", tapi ke Plaza semanggi, karen sebelumnya harus ketemuan dulu sama nunik. Pukul 11.30 akhirnya nyampe juga di tempat tujuan dengan guyuran hujan yang cukup lebat.

Menunggu 1 jam cukup buat saya untuk keliling-keliling sebentar di seputaran plaza sebelum orang yang di tunggu muncul. HP berdering, nada SMS terdengar, dibaca tulisan, "bang saya sudah sampe di jembatan". SMS di balas "ya udah langsung masuk aja" dan terkirim. ini kali pertama saya ketemu nunik di lantai 3 plaza semanggi, salaman dan sedikit senyum. tnpa banyak basa-basi saya setuju ketika tawaran ngopi bereng di ajukan jeng ini. terpilihlah "starbuck". mulai deh disitu terjadi perbincangan dari urusan pribadi sampai kepada urusan negara, hehe walapun pengetahuan saya seadanya. karena saya lebih banyak ngocol dan agak-agak konyol. Jeng ini ternyata asyik banget di ajak ngalor-ngidul.

sekitar pukul 14.00 kami (saya dan nunik) bergegas meninggalkan 2 cangkir kopi yang sudah kosong untuk menuju kawasan monas tempat tujuan utama. "busway" jadi pilihan kendaraan yang tepat untuk tiba kesana. "bang kalo naik taksi ntar macet lagi", kata nunik. "emang sejak kapan jakarta kagak macet mbak???!!!. kamipun menumpang bus yang mendapat dispensasi macet dari pemerintah tersebut. halte di depan atmajaya mengawali perjalanan hingga tujuan ke halte transit harmoni dengan maksud bisa menghemat tenaga biar bisa deket jalannya ke kawasan pintu selatan (kecian si nunik ntar klo kebanyakan jalan bis gede betisny, hehehe). ternyata pilihan saya tepat untuk turun di halte "balaikota" yang langsung masuk pintu selatan.

Masih dibawah guyuran hujan kami melangkah dan telepon menelpon pun terjadi untuk dpat berkumpul pada satu titik. Rekan Bloger yang pertama kami jumpai adalah Agung dan Agus Syafi, disusul dengan kedatangan Meity seterusnya Pipit dan Purwa, selang beberapa detik muncul Agaz dan Dhika. ternyata bang Dhika mengklaim dirinya sebagai bloger pertama yang tiba dikawasan monas untuk acra ini.
Atas kesepakatan bersama (9 orang), kita-kita memilih nongkrongin warung terdekat. yang menarik adalah diwarung ini terjadi sedikit insiden, dimana yang "empunya" warung mengeluarkan sedikit "sindiran halus" salah satu ciri khas kita sebagi orang timur, hehehe. maklum!! mereka menjual makanan tapi kami semua hanya meminum "teh" dalam kemasan botol. Alhasil kamipun memilih berpindah tempat.
Pada sesi ini pulalah ketika kami akan berpindah tempat, datang seorang bloger lagi yang udh cukup kondang (setidaknya bagi saya), yaitu iko yang datang dijemput salah seorang pemrakarsa perhelatan ini (agung). ternyata dugaan gw bener, si iko ini orangnya cool, calm n confidence, banyak senyum dan sedikit bicara (mungkin karena kedinginan kali ya).


Genap sudah 10 orang untuk transmigrasi dari warung dekat pintu selatan menuju stasiun gambir. tempat berlabuh selanjutnya adalah sebuah cafe yang saya gak inget "judulnya" apa.
sangat banyak obrolan yang terlontar disini, ada yang serius dan tentu adapula yang ketawa ketiwi. tambah lagi gaduhnya suara kereta api yang melintas tepat diatas kami.

Tanpa terasa warna hari sudah berubah, malam sudah bertambah pekat di tambah dinginnya suhu hari itu (tapi perbincangan tetap hangat). Akhirnya diskusi ringan ditutup dengan pertanyaan yang di ajukan ke 10 rekan-rekan bloger. pertanyaan yang mendasar "kenapa ngeblog dn sejak kapan?". tentunya beragam jawaban yang diterima. sudah lewat dari puku 20.30 Wib kamipun sepakat untuk membubarkan acara "halal bi halal" untuk dapat berkumpul lagi di waktu lain.

Bagi saya sendiri nilai lebih yang dpat dijadikan hikmah ialah "kebersamaan dan kehangatan yang terjalin", walaupun dalam guyuran hujan dan baju yang udah lepek semua, kita msih bisa menunjukkan rasa kebersamaan. hal ini semakin mempertegas bahwa kita kita adalah mahkluk sosial yang tidak akan lepas dri acara kumpul-kumpul, hahahaha.

Terima kasih untuk kebersamaanya : Nunik, Meity , Pipit, Iko, Agung, Agus, Agaz, Dhika dan Purwa, dan saya sendiri. semoga bisa menambah makna hidup.




Wednesday, October 31, 2007

syair perintang waktu


Aku sedang menikmati lukaku

seiring mentari pagi
sinari kuncup-kuncup mekar sebuah hati
saat menanti setangkai bunga janji, indahnya setangkup putik sari
hingga pada manisnya buah nan tumbuh pada dahan berduri

aku sedang menikmati lukaku
saat batas senja mentari merah meredup cahaya
kala kau bertutur kata,,,,
titipkan hatimu yg telah terajah ukiran cinta separuh maya

aku sedang menikmati lukaku
di penghujung malam
ketika kau bawa anganku terbang
dengan sayap putih indah terbentang
bersama kita memetik gemintang

syair kita tak kunjung berujung, kiasan kosong sebait kidung


lukaku telah kunikmati
tak lagi menjadi benalu mimpi

aku menikmati LUKA....bukan mendulang NISTA



Tuesday, October 23, 2007

dilema IHKLASku

ketika IHKLASku sudah dipertanyakan, maka aku meninggalkan PROSESmu
biarkan aku berjalan dengan IKHLASku dan kau dengan PROSESmu

bukan tidak mungkin ketika kau pertanyakan murni IHKLASku bisa menjadi BIAS

..bukankah kita sudah tahu..
IKHLAS mudah di ucapkan namun sulit di implementasikan

murni atau tidak ikhlasku bukan tergantung dari pertanyaan kamu sebagai HUMAN
bahkan ihklasku blom pernah dipertanyakan oleh tentara TUHAN

...jadi...
belajarlah sisihkan sedikit ego-mu
dan takkan ku biarkan hatiku membatu

...maka...
sadarilah PROSESmu dan aku akan tenang dengan IHKLASku
karena IKHLASku adalah urusan hatiku dengan PENCIPTAku


Thursday, October 18, 2007

lebaran di gang

kemarin,,, setelah lebaran 2 hari aku begitu rindu pada masa lalu tidak bagitu silam, tidak begitu lampau, yah sedang2 aja siiii. yup keliling ngunjungi anak-anak, temen-temen sepermainan dulu.

gak tahan juga akhirnya coba sambangi habitat lama.
temen-temen yang sama waktu tumbuh. dunia dimana gak ada protokoler, dimana kebebasan menjadi landasan utama.....welewheeeh, bahkan kosakata yang terlontar pun banyak keluar jenis-jenis fauna terutama binatang haram hahaha.

singkat, (coz cuma 3jam), karena waktu masih sering nongkrong, kadang begadang ampe 2hari. seneng, tapi rada merasa aneh,,, kenapa yaa!!! kaya ada yang salah.
yuppp, udah lama gw ga mengenal habitat ini lagi, tertinggal sekitar 7 tahun.


wah ternyata disini masih asyik seperti dulu, gw merasa enjoy banget dan lepas dari dunia kemunafikan. kata-kata dan tampang kasar ternyata tidak menjamin bahwa seseorang itu adalah penjahat, terbukti hati mereka masih sangat bersih menerima "sebuah silaturahmi"

semoga untuk tahun berikutnya gw masih bisa menemukan suasana lebaran seperti ini lagi, penuh keramahan yang ikhlas dan sambutan hati yang bersih dari kawan-kawan.



Tuesday, October 9, 2007

purnama dari jendela

Nafas cinta...
mengalun mendayu dari tepian kalbu
kerinduan meyebut nama-Mu
saat purnama dari balik jendela

Cinta merindu makna....
dari kaki-kaki langit saat terang temaram
merasuk ke sudut-sudut bathin
akan sejatinya cinta
saat purnama dari balik jendela

Cinta menggapai-gapai...
berharap-harap....
berluruh-luruh....
hingga jatuh
sujud bersimpuh
saat purnama dari balik jendela


purnama yang kucinta tak pernah pertanyakan akan cinta
tak peduli akan pengkhianatan ku padanya

cintaku bukan mengasah nafsu
sebuah cinta keinginan meluruhkan dosa
saat purnama menjelma dan masuk melalui jendela

Wednesday, October 3, 2007

bintang & harapan


tarian bintang...
pada kumpulan layang-layang salib selatan
temaram langit membiru hitam


lelaki diujung malam berselimut kelam...
tengadahkan bathin, melapas angan
keindahan adalah sebuah pengharapan,,,,
kabulkan....wujudkan,,,,jalan nan terang...


nyanyian bintang.....
pada kumpulan layang-layang salib selatan
nada sendu mengiris kalbu

lelaki ditepian mimpi...
merajut hati mambasuh diri
ikuti harmonisasi dawai perjalanan diri..


illahi,,,
rekatkan hati lelaki pada bintang
ciptakan koreografi agar bisa bersama menari
sucikan diri bermandi embun sejati
........serta bersama kumpulan RASI

Friday, September 28, 2007

hampa




Ragaku masih disini
kala langit pekat bertabur kerlip bintang
seteru bathin selaksa hening

Jasadku masih semedi
saat kisi kisi-kisi mimpi membingkai
statisku bak sebongkah batu

panjang anganku di malam ini, tak mampu beri cerita ataupun mimpi
tak sadar telah menyumbul pasukan pagi
aku sudah disapa MATAHARI

Sunday, September 23, 2007

1/3 cahaya

walau tertatih
sepertiga dari cahayamu telah kuraih
terasa mulai terang..

saat terik kutahan dahaga
jika gelap datang kucoba nikmati cahaya

jangan biarkan aku hanya melihat nan sabit
lenakan aku dalam bulat penuhmu
nikmati cahaya bulan

Sunday, September 16, 2007

goresan pada dekade

silamku pada dekade
dekadensi moral yang kita ciptakan
saat kita tak pernah tahu, atau kah tidak mau tahu
apakah matahari ataukah bulan

silamku pada dekade
dekadensi moral yang kita mainkan
saat kalian basuh muntahku, dengan sebatok air dari tepian muara
tragedi atau kah lucu,,,

silamku pada dekade
dekadensi moral yang kita pentaskan
saat kita adalah sekumpulan "bangsat"
atau kroni dari binatang pengerat

silamku pada dekade
dekadensi moral yang kita dendangkan
ketika salah seorang dari kita mulai bermaya
saat salah seorang dari kita hentikan detak jantungnya

mulai detik itu kita tahu,,, semua semu

silamku....
kiniku sedang termangu
mampukah aku beraksi dalam diamku
ceritakan pada mereka, betapa bodohnya kita dahulu?

silamku...
jika dapat kugali tanahmu
kan kutiupkan kembali kehidupan kita
kan kuajak kau lihat betapa sejuknya tamanku
kuajak kau berkeliling lalui setapak jalan datar
dan lihat batapa berbedanya .......
...antara MATAHARI, BULAN dan indahnya BINTANG

Wednesday, September 12, 2007

ujian menjelang ramadhan

...KETIKA DIDALAM ISTANA AKU MEMANG BUKAN RAJA
AKU ADALAH PENASEHAT YANG ARIF BIJAKSANA....

SAAT DI MEDAN PERANG
AKU ADALAH PANGLIMA SEJATI
DENGAN SEBILAH PEDANG API

DENGAN ANGKUHKU
DAN DARI SINI AKU SADARI
AKU MASIH PUNYA SISI HARIMAU BUKAN CUMA SEEKOR KUCING"



tidak ada yang abadi di dunia ini!!!
ada pertemuan ada perpisahan, semua mahkluk yang hidup pasti akan mati.
tinggal bagaimana kita menyikapi semuanya.

ALHAMDULILLAH


ini adalah hari ke-3 gw resmi meninggalkan kerja rutin pada sebuah industri, walaupun masih skala kecil tapi setidaknya gw menjadi "jendral" (walah angkuhnya gw).
Tadinya sih gak mau posting yang begonoan!. tapi mau coba-coba deh daripada bengong.

yahhh gw harus meninggalkan pekerjaan bukan karena siapa-siapa, tapi karena emang gw merasa ini adalah ketentuan yang sudah ada skenarionya dari "pencipta". ini berarti Allah memilih gw sebagai salah seorang untuk menjadi "sample", dalam menyikapi segala ujian yang diberikannya pas MENJELANG RAMADHAN.

ada rasa bangga ketika detik-detik keluar keputusan dari sang bos. karena cukup "aneh" cara penyampaian yang dilakukan dalam memutuskan untuk tidak "memakai gw lagi".

keputusan di lontarkan pada hari minggu kemaren tanggal 9 september jam kira-kira jam 15.30 WIB. sang Bos nelpon gw untuk ketemuan di suatu tempat makan, yang kebetulan juga gak jauh dari rumah ortu. karena emang kalo hari libur gw pulang kerumah ortu (gak ngekost lagi deh sekarang).

wah ogah banget nyeritain perbincangan gw sama dia (bos). kesimpulannya setelah melalui sedikit adu argumen akhirnya keputusan itu disepakati. dan finally resmilah gw menjadi pencari kerja lagi (pengangguran), wakakakakakak!!!!.

nah kenapa gw gak "diputuskan" pada hari kerja, justru hari libur gw???... (inilah yang masih jadi pertanyaan gw). karena emang dia tau gw deket sama "anak-anak".

dengan lapang dada gw harus meninggalkan jabatan sebagai "JENDRAL dengan gaji KOPRAL", heheheh. (itu adalah kelakar seorang teman kepada saya).

alhamdulillah, gw meninggalkan sesuatu yg baik di tempat kerja gw, walaupun pada saat-saat terakhir gak sempat ketemu dengan teman-teman disana. gw berani menyimpulkan "meninggalkan yang baik" karena selama ini gw terkenal dekat dengan "anak-anak" disana, terbukti sampai detik ini mereka masih nelpon dan kirim SMS untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya.

neh ada sedikit petikan SMS dari temen-temen :

" Pak, ni li2s, knp pak Duff gak kasih tau li2s klu dah keluar?, li2s mu blg mksh yg sebesar2nya atas pljrn yg slm ini bpk kasih k li2s, smua itu sgt berhrg buat li2s. smg bpk dapt yg lebih baik dari yg disini. jgn prnh menyerah. slm bkrj disini bpk bkn li2s anggap bukn cm skdr temen, tp jg guru sklgs ayah buat li2s. good luck n nite".

(sms dari my "little" secretary, lilis) ni anak rajin banget,
udah bisa bhs inggris NEng?!!!! hehehe.

"Pak, pantesan gak masuk hari ini, dede taunya pas hr ini ada rapat da2kan, maafin ya kl slm ini dede becanda kelewatan. dede jg kl lulus tes di "gajah tunggal" mau keluar".
(sms dari yg sering bantuin gw kerja, dede "koordiantor QC")

blom lagi telepon dari yg lain yang bernada sama.

intinya adalah gw sudah meninggalkan semua dengan jejak yang bagus, dengan "kepala tegak". dan mulai berjuang untuk yang baru lagi.

PS : TANPA AIR MATA



Sunday, September 9, 2007

syair dari sahabat

angin meniupkan ke pangkuan.....
.....dari seorang sahabat

......bisiknya....!!
sebait syair, sekuntum doa, sekeping permintaan

......tidak mewah.....
tapi sepenuh hati
......sederhana.....
tapi penuh arti

tetaplah semangat menjalani hidup ini


terima kasih sahabat

Thursday, September 6, 2007

harapan

ya illahi,,,
genapkan aku dalam hitungan 30 hari
lalui bulanmu nan suci

jauhkan aku dari segala kilah
agar ku dapat khusyuk pada hamparan sajadah...

saat jiwa di penuhi khayalan
rekatkan aku pada malam seribu bulan!!!!

Sunday, September 2, 2007

rindu pelita

lentera.....
maafkan aku melupakanmu
maafkan aku pernah mengabaikan setitik terangmu


lentera.....
aku berharap
kau terangi kembali ruangku yang gulita
semogaaaaaa

Saturday, August 25, 2007

sekeping hati dalam narasi

narasi yang telah kususun
tiada pernah terdengar santun
tak menggelitik
tak pernah mencapai sebuah titik

apakah ini sia-sia..?

narasiku tak kunjung sudah
kata tak kunjung bertaut
semakin kupaksakan, makin hilang kalimat demi kalimat
hingga lenyap sebuah bait....

sia-sia...!! narasiku kembali kosong

saat kucoba paparkan roman
nyanyian hati tarian angan
tapi kurasa enggan
karena trauma ku bukanlah kiasan..

sebaris arti yang kutulis
tiada jejak kata romantis
ketika kembali kupaksa sebuah kata
tinta-ku tak jua nyata....

sia-sia...!! narasiku terasa hampa

hei.... ini bukan sebuah narasi
lebih mirip cerita malam, yan selalu kelam

goresan pena biruku
tak ciptakan kalimat merayu
bahkan tautan kata semakin kelu
ceritakan kisah haru... kabarkan luka fragmen sendu

aku lelah...
ku tak mampu menyusun narasi
bukan karena pena biruku yang tak mampu
tapi sepotong kertas putih bersih
terlalu mewah untuk pena usang-ku

sia-sia....!!! narasiku hancur

Monday, August 20, 2007

sekarat

kali ini tanpa kias
tak berolah kata nan menjadi bias
sirna asa melunglai jiwa

belahan raga....
hari ini jiwaku teramat panas..
sungguhpun kau tlah tahu...
aku telah terbiasa hidup
hingga suhu 180 derajat celcius

hai pemain hati...
hari ini dadaku terasa sesak...
walaupun kau tlah mengerti
aku akrab dengan tekanan....
hingga pada tonase 20 Mpa

yahhhh.....
aku luluh
aku tertekan...

hari ini aku tak butuh hiburan
aku hanya ingin ditertawakan

tertawalah kawan untuk sebuah kegagalan

Saturday, August 18, 2007

hempas batas

merindu aku pada sebuah tiang pancang....
dentuman adu gagahnya langutkan ku lagi..
pada sebuah angan yang telah terkremasi

tak pandai memindai....
tak pernah tercapai....

kuburkan aku bersama tiang pancang
dalam,,,, jauh lebih dalam....
pada alasmu yang paling dalam..
tanpa keranda tanpa iringan doa

jengahku pada fana
tolong.....
tampakkan sebuah keABADIAN
bukan KEMUNAFIKan

Sunday, August 12, 2007

sepenggal harap

hari ini ku berbicara pada seekor merak
tapi,,, kenapa dia tidak menjawab...!!??
hanya kibasan ekor yang dia berikan

....indah memang!!
aku tahu ini nyata
tapi kenapa ya dia tidak menjawab...

....memang aku bodoh!!
berbicara pada seekor merak,,,,
tapi tak kuharap "dia" berbicara seperti aku
cukup dengan mengeluarkan suara,,,, ataupun anggukan...

hei.... hei... merak
jika kau tak mau bicara, dengarkan aku bicara....

tetaplah kau di dekatku...
kuhanya ingin pandangi keindahanmu...
sambil sesekali merasakan "angin" dari kibasanmu...

hei mahkluk berbaju indah
aku ingin melontarkan sebuah harap
untuk dunia yang semakin tua.....

kemarilah.....
dekatkan telingamu....

aku hanya ingin... BISIK TAK MENJADI HARDIK...

Sunday, August 5, 2007

muda perasa

aku bukan pelukis,,,,
namun hari ini kucoba melukis
dengan kanvas hati yang telah terkikis

teriring angan yang menerawang...

sahabat.....
jika kau baca surat nan terbuka
kirimkan aku sebait doa
pengganti raga nan tlah tiada

tak hendakkah kau lihat nan bahagia

rapatkan tangan ungkapkan angan
beribu harap satu tujuan

saat kata mulai bermakna
tuntun aku menambah warna

Sunday, July 29, 2007

elegi aur kuning

bilah bilah nan rapat...
berikanku sedikit ruang

takkan ku memilih
sela sela ruang
atau kisi kisi tepi
....ku akan coba huni....

kuingin padu bersama kokohmu...
sertakan aku dalam rumpunmu

saat dingin menjalari tubuhku..
lindungi aku dengan ruas-ruasmu
saat gelap mengurung
terangi aku dengan cahaya kuningmu

...yakinlah....
kan kuikuti liukanmu
saat angin menerpa
kuakan akan bernyanyi bersama
saat harmoni desir daunmu yang saling bersilang

...percayalah...
tak kutuntut sempurnamu
duri halusmupun tak kan kubuang
kutahu tubuhku pun ber-miang

ku mohon padamu
ajaklah aku berpadu dari buku ke buku
kuingin tutup lukaku
saat kalbu tersayat sembilu

Friday, July 27, 2007

belum berwarna

siluet hitamku...
.....menjauhlah.....

aku sedang jemu
jangan kau rayu kesendirianku

aku tahu...
kau sedang memanfaatkan titik lemahku

aku tak ingin merindu
bahkan ku tak tahu warna hatimu

jika tak ingin bertempur denganku
rubahlah gradasi warnamu

Saturday, July 21, 2007

APRIL DI ULAK KARANG

serpihan ini kugali kembali..
dari jajar rata hamparan pasir
mencoba rajut kembali...
berharap menjadi sebuah syair


tarian ombak nan merayu
ringankan langkah melerai gundah
desiran angin pun,,,,
dendangkan kidung hitam putih


lamunku sekejap,,,,,,
teringat saat pertama
jejakan kaki di pantai ini
kala titian patah
kala lumbungku goyah


disini CINTA, disini dendam

ahhhh.... bukan ini, tidak sesempit ini
penta aksara ini tiada berguna..


wahai kolam yang luas
aku ingat...
ketika ego-ku bagaikan hiu
saat inginku laksana karang

wahai permadani cair
kau patahkan taringku dengan tarianmu
kau gerus dadaku dengan ombakmu

ku tersenyum menatap ke arahmu
...sadari kecilnya aku...

hitungpun berjalan
tak sadar hari telah menguning
pertanda "hitam" yang akan berkuasa

kerasnya cengkraman pasir
membuatku ku enggan melangkah
dengan duduk kurasa indah

yahhh, tiada gundah
ketika gelap mulai menjuntai
ku tetapkan hati mainkan melodi

aku tahu ini pantai
saatnya kutukar GITARKU dengan SERUNAI

Sunday, July 15, 2007

diktator mimpi

gundah, resah, amarah
suka, duka, gila
cinta, nafsu, syahwat

terapung semua
dalam ruang 9 meter persegi
terendap sarinya
dan terus terulang lagi

aku sedang pegang kendali
sebagai pemerintah diri
gak pake tentara atau polisi
apalagi memakai menteri

aku tidak ingin memerintah negeri
apalagi ambisi jadi penguasa bumi
karena aku sudah puas hati
menjadi "diktator mimpi"

Sunday, July 8, 2007

di dada kiri

tersemat sebuah lambang harga
maha karya sang "raja manusia"
indikator hidup serta pertanda mati


berdentum keras,... laksana meriam
kala kubawa ke kancah peperangan
dari gerilya hingga puputan
sebuah tekad satu tujuan,,,
...sebuah kemenangan....


berdetak lemah,.... ketika kalah
bertarung dengan tentara nafsu serta amarah
ataukah pasukan cinta yang tak berarah

...aku tersungkur..
didadaku tertancap sebuah "sangkur"
sangat dalam tak bisa terukur

hari ini...
terhitung 8 kali 365 hari
aku sia-siakan isi dada kiri

......aku desersi....

pernah terbesit ku ingin kembali
rapatkan barisan isi "amunisi"

.....namun....
kembali kusadari
ini bukan sebuah solusi
jalan damailah yang kucari......

mulai ku tata hari
"menyusun sepuluh jari"
..syukuri apa yang diberi..

"terima kasih illahi"
"aku masih punya HATI"

Saturday, June 30, 2007

tepi nurani

...mak!!!!
hari ini aku pulang
setelah penat dengan semua kegiatan
12 jam lebih dalam sehari aku bertarung demi hidup ini

ketika mereka berlayar dengan dengan pesiar
ku iringi mereka dengan sampan
tidak,,,!! aku tidak gentar

ketika mereka berpesta ke dermaga...
ku tetap tidak ketepian

...mak!!!
ketika ku sampai dirumah nanti
jangan tanyakan kapan ku akan hidup di tepian
bukan ku takut berlabuh
namun bidukku masih rapuh

memang... aku bukan saudagar
tapi aku juga bukan mencari kayu bakar...

jika kupulang nanti
kuingin bawakan emak sebuah selendang...
tidak sutera,... tapi kumampu belikan yang satin

buat dapur nanti
ku akan mampir ke pasar ikan
tidak kakap,.. tapi kumampu belikan patin

Sunday, June 24, 2007

harus tahan banting

mengeluh...!!!
hampir setiap hari kita mengeluh, bahkan dalam hitungan jam kembali kita mengeluh. namun, yang namanya mengeluh, juga bisa diambil sisi baiknya. paling tidak kita bisa belajar menghitung, berapa kali dalah sehari kita mgengeluh? (hahahah) kan lumayan buat mengasah matematika kita, apalagi jika kita kalkulasikan kedalam jam, menit bahkan detik.


bad mood...!!!
sah-sah aja. tapi jika kita menuruti mood terus, pasti kita akan terbawa sama "dia". ini budaya kita bukan ya??,

kenapa kita gak coba menciptakan mood....!!!!????
jadi ketika badmood datang, cepet2 deh bikin mood yang "good" ato yang "delicious" ato bisa bikin yang "crispy".
katanya sih udah ada orang yang bisa mencipatakan "mood"????
mau dong berguru dengan orang yang begono-an.

derita...!!!
sebuah rasa yang gak enak jika kita makan walaupun udah kita kasih bumbu, rempah2 dari kampung ataupun saus tiram, tetep aja rasanya gak enak. yang ini sering n banyak orang yang mengalami.
cara gw menyiasatinya adalah dengan berkawan karib dengan "dia".... kemudian tetep kontak dan saling komunikasi.
hingga sekarang akhirnya gw sudah sampa pada level "menikmati derita" ...wakwak wakwakawaakkkkk

desperate....!!!
putus asa...!!! nah klo yang ini udah rada berat, tingkatannya udah pada kelas mahir. lagian kalo yang ini udah di "cap" dosa.
tapi terus terang,,,!!!
beberapa taun yang lalu gw udah pernah desperate, untuk sesuatu hal yang gak berani gw ceritain disini.

waduuuhhh .... berarti gw udah menambah daftar dosa ne..!!!
pendosa juga manusia.... mau hapus ah sedikit demi sedikit.

Sunday, June 17, 2007

kremasi angan

...selaksa aksara terangkai tanpa makna...

lelah ku berjalan,,, berlaripun sudah
payah ku bertenang ,,, namun berkhir gundah...

inginku rangkul bulan menggengam bintang
kuasai sang "kala", putar kembali alurnya

meretas nafas tiada batas,,
namun inginku tiada tuntas

hela hasrat kendali angan
namun tak sampai pada tujuan

telahpun ku-arungi samudera mimpi
tiada ujung tiada tepi


aku pasrah... ku mulai menyerah
aku adalah orang yang kalah..!!!!

Sunday, June 10, 2007

bukan tulisan

mhhh,, ternyata udah memasuki bulan ke-4 gw mendapatkan "mainan" baru. pekerjaan yang selama ini gw cari2, emang sih bukan yg gw idam2kan, tapi tetep bersyukur karena inilah yang terlebih dahulu nyangkut ke gw sebagai rezeki.

rasanya gak adil kalo gw pernah mengeluarkan umpatan dan keluhan di blog karena blom dapet kerja setelah "nganggur". nah yang ini mungkin membalas umpatan dan cacian yang sering gw lontarkan pada nasib sebagai pencari kerja di bulan2 kemarin.

gile,, aktivitas selam 4bulan terakhir, "luar biasa". jam 5.15 subuh udah mulai keluar rumah (rumah ortu), yang artinya gw harus bangun sejam sebelum jama tersebut.,,, woow. perjalanan ke tempat kerja kira2 2 jam bro.
tapi asyik juga dengan tantangan baru dan ilmu baru yang gw dapatkan.


waduh gw males banget nyeritain gimana kerja n apa yang gw lakukan disana. karena emang ge gak bisa bercerita (bukan penulis sihhhhh). Cozz waktu sekolah dulu, kalo disuruh mengarang oleh guru bahasa indonesia yang gw ceritain adalah "pergi ke rumah nenek" ato paling hebat "berlibur ke pantai".... celakanya judul ini juga masih gw pake sampai kelas 2 sma ( tuh,,,, butut kan gw kl ngarang).

lagian juga kalo disuruh ngarang, gw gak tau beraliran apa, karena kebanyakan yang gw tulis itu pahit (mungkin alirannya pahitis sinismis),,,, hehehehehe kaya nama makanan.

Tuesday, June 5, 2007

mati kata

...gelap... !!
aku adalah temanmu
sering kita sejalan lalui lorong asa
sering kita tertawa bersama
hingga tak peduli lara menerpa

kaulah yang slalu bersama kala bersedih dan bahagia
kau lah keramaianku saat sang sunyi menampakkan angkuh-nya

mungkin,,,
saat ini aku sahabat terbaik-mu
kujaga kau dengan raga
kan ku iringi kau hingga terang-Nya tiba


....malam... !!
kaulah kasihku
slalu kau hibur jiwaku
denganmulah kurasakan hebatnya cinta
bersamamulah kurasakan arti setia

mungkin,,,,
saat ini kau akan ku-cumbu
kunikmati hitam-mu,
ku kecup indah-mu
kudekap hawa-mu,
hingga pada pada titik orgasme-Mu...

..???...

...karena terang bukan untuk-ku
karena terang-ku hanyalah semu......

Saturday, June 2, 2007

suntuk terantuk

titah langkah memapah gundah
laksana kata perintah raja
tak bisa di bantah,,,
tak mungkin di patah
walau amarah iringi langkah

kata hati ingin bersunyi
rangkai nada hitung detak nadi

segumpal darah mencair sudah
hati yang utuh terbelah punah,,,,,,

(ternyata yang ada dalam dadaku bukan karang, bukan baja
tapi..... hati yang juga cairan darah)

Thursday, May 31, 2007

bunga samarinda

ketika akan menghilang, menghilanglah....
ketika akan sirna, sirnalah......

aku sadari tidak ada yang abadi
aku paham, aku akan kehilangan

ku titip kata....
tetap singgahi aku dengan harumMu
tetaplah tumbuh seiring mentari pagi
walapun kamu bukan mentari

bunga tetaplah bunga....
bunga pun tak akan abadi
edelweispun hanya mampu bertahan dalam hitungan bulan

ku akan bentang makna...
dari apa yang kunikmati bersama daunMU
ku akan coba tumbuh bersama dahanMU
tapi aku bukanlah PUTIK buahMU
walaupun aku tak lagi mampu sirami akarMu

tapi ku yakin,,,, bunga seindah kamu kan terus berkembang
bunga seharum kamu kan terus mewangi
dan semakin mewarnai alam ini.

dan ku yakin,,,,, akarmu akan terus subur karena hujan terus menyirami
tetaplah kau berbunga......sahabat....

Sunday, May 27, 2007

warna sirna

jika mungkin, kita inginkan hidup kita penuh warna....
jika mungkin, hidup kita bisa seindah pelangi.....
jika mungkin, pelangi itu selalu ada diatas kepala kita
yang slalu menghiasi kemana kita berjalan...

hijau, merah, kuning, jingga, biru dan warna lain yang ada pada unsur pelangi
sebisa mungkin dapat mewarnai hidup kita.

namun....
kenyataan tidak selalu sama dengan yang kita harapkan.

jika mungkin,,,,
hidupku pun harus penuh warna
namun,,,,
warna yang akrab mengisi sisi hidup gw cuma HITAM n PUTIH

pernah ada keinginan untuk menambah warna hidup dengan warna BIRU
seperti yang orang lain miliki.
bukan tanpa usaha.
membuat sapuan warna BIRU dalam hidup telah kucoba
berbagai usaha pun telah di lakukan.

namun ketika aku mencoba menorehkan warna BIRU....
warna itu pun memudar,,,, hilang.... ntah kenapa
kemana BIRU-ku yang kemarin telah mengisi beberapa bulan hariku
kenapa BIRU-ku tak bisa nyata ketika ditorehkan disisi hidup.

padahal,,
aku tidak menuntut BIRU-ku seperti langit, yang mampu menjadi atap abadi dunia
padahal,
aku tidak memaksakan BIRU-ku ibarat samudera.
aku hanya berharap setitik warna BIRU terlukis di hidupku
dapatkah....?????
jawabnya tidak...!!!
ternyata BIRU-ku hanya angan


wah,,,, cape juga mengisi warna lain,,,
udah lelah menyapu kuas, agar BIRU dapat nyata,
tapi tetep gak bisa juga.

hidup harus terus berjalan, harus tetap tersenyum
walaupun gak punya warna BIRU.....
aku masih bisa meng-combine warna tetap yang mengisi hidupku
yaitu HITAM n PUTIH.....

tapi.... celaka
sudah ada rumusnya dari dahulu kala
tenyata kalo HITAM dan PUTIH di padukan....
tak bisa jadi BIRU
tapi mutlak menjadi warna ABU-ABU...!!!!

Sunday, May 13, 2007

aint it fun

ada beberapa teman dan orang yang mengunjungi blog ini berkomentar, "TULISAN LO SEREM AMAT SIH", "KOK SERING KELUARIN SUMPAH SERAPAH SIH".

JAWAB:
Memang, sedikit agak serem.
namun bukan seremnya yang harus di ambil, kata orang tua, ambil aja hikmahnya. dan lagi setiap manusia diciptakan berbeda, begitupun dengan kisah dan pengalaman yang dialaminya. Bayangkan, jika setiap manusia itu sama bentuk, dan sama pengalaman. tentu tidak akan terjadi sosialisai, tidak akan terjadi interaksi, karena yang diceritakan dalam pergaulannya sehari-hari adalah hal yang sama.

SEREM.... kata yang berarti "MENAKUTKAN". dengan adanya pelampiasan kesebuah coretan (diganti dengan pijitan jari gw yang kasar)akan lebih membuat saya menjadi orang yang siap untuk menghadapi terpaan badai ataupun panasnya api (walapun kenyataannya selalu tidak siap). Semoga kata "SEREM" akan lebih akrab dengan saya sendiri dan akhirnya berteman atapun bersahabat sejati dengan "dia", sehingga tidak mencelakai gw lagi....(semoga).

UMPAT>>>SUMPAH SERAPAH>>>>>>
Bukan bermaksud untuk menghakimi orang lain, karena kebanyakan yang saya "ludahi" dengan sumpah serapah adalah diri saya sendiri.

Bukan pula bermaksud Menggurui.... alangkah lebih baik kalau kita mengumpat diri kita sendiri, memahami diri kita. Bukankah indah jika kita mencela diri sendiri daripada mencela orang lain?.
Memang... ada yang lebih baik, yaitu dengan tidak mencela siapapun. Namun inilah yang baru bisa saya perbuat untuk diri sendiri.

bukan!!!... saya bukanlah orang yang sangat pesimis (walaupun saya bukan oang yang optimis ataupun ambisius). Karena dengan menyalahkan diri sendiri terlebih dahulu, maka kita akan lebih tahu "medan" yang akan kita lalui, kita akan lebih siap "mengarungi" samudera yang lebih luas.

... ini bukan tameng untuk membela diri, tapi lebih mendekati pada sebuah realita hidup, bahwa dunia di penuhi dengan orang-orang yang berbeda,di penuhi dengan warna.
gw sendiri masih termasuk kedalam golongan orang yang berwarna "abu-abu". karena jika gw mengaku putih, gak sesuai banget dengan tampang, perbuatan dan habitual lainnya. gw juga gak mau dibilang golongan yang berwarna "hitam".
tapi yang pasti, sedikit banyak gw pernah mengisi hidup ini dengan dua warna tesebut, Yaitu HITAM & PUTIH.

TULISAN>>>>>>>
Ralat...!!! gw bukanlah penulis, bahkan gw juga bukan pembaca yang baik, karena memang gw gak menulis, gw juga bukan seniman puisi yang perlu mencari inspirasi ke gunung, ke laut atau ke tempat "hantu belau" lainnya.
gw cuma mengetik, dan lagi tidak ada konsep, semuanya terjadi dengan spontan, bahkan gw juga malas mengedit huruf per huruf.
hahahaha....
....saya sendiri juga gak keberatan dibilang "orang yang aneh".... karena buat gw:

aneh = unik
unik = antik
antik = langka

....tau kan sekarang barang "langka" banyak dicari orang, dan berharga mahal...!!!!
heheheheheheh....!!!!!

aku seorang keledai


terus terang, melihat binatang yang namanya keledai baru sekali. long time ago, ketika duduk di sekolah dasar dan kebetulan ikut wisata dari sekolah ke salabintana-jawa barat. dan selebihnya melihat keledai cuma di televisi atau gambar-gambar aja, karena gw juga jarang berkunjung ke kebon binatang... wak wak wak.

ini hewan yang sedikit punya spec beda, lain dari yang lain.... sepintas mungkin kelihatan seperti kuda (image orang tentang kuda adalah: gagah, kokoh, perkasa, panjang nafas dan yang luar biasa lainnya) namun sang keledai sangat bertolak belakang dengan kuda.karena sang keledai adalah binatang yang lamban, dan lambang ke"dungu"an.

entah kenapa hari ini terinspirasi banget dengan KELEDAI. bukan karena binatang ini jarang gw lihat, kemudian mimpi-mimpiin keledai.... bukan itu..... tapi........
sebenarnya yang terjadi adalah, gw pernah mengalami hal yang sama dengan pandangan orang (include me) tentang hewan ini.

aku
pernah terporosok kedalam "lubang" yang sama, yang aku pernah berjanji untuk gak mengulanginya lagi,

bukan..... gw bukan terperosok kedalam lubang "drug addict" ataupun narkotik.
juga bukan terporosok kedalam lubang parit yang di gali sama Bang Mamat.....

aduuuuhhhhhhh.... jari gw gak mau lagi ngetik.... dah gak sinkron lagi sama isi kepalaaaa.... maluuuuuuuuuu........

terporosok kedalam lubang yang sama.... dan menjadi pecundang
am looserrrrrr.,,,, hahahahahaha

nah inilah yang aku alami karena tidak hati-hati.....
aku seorang keledai (jangan dibaca "aku seekor keledai")

Saturday, April 21, 2007

punish for myself

apa sih yang dicari orang selama hidup di dunia?
apa sih jalan yang mereka tempuh untuk mendapatkannya?
bagaimanakah jika mereka berhenti mencari apa yang mereka cari di dunia?
bagaimanakah jika mereka berhenti mencari jalan mendapatkannya?

pertanyaan diatas ini sedang giat2nya mondar-mandir dalam kehidupan gw sekarang ini. terutama pertengahan april 2007 ini.

untuk keangkuhan gw, banyak banget yang belum gw dapatkan di dunia ini. walapun sudah panjang perjalanan yang gw tempuh untuk mendapatkannya. jika direntangkan tali perjalanan yang gw tempuh, mungkin sudah jutaan orang yang tersandung/tersangkut "tali" yang terentang dari perjalanan gw. bahkan sudah banyak sahabat yang tersangkut dan ikut kusut dengan "tali" yang gw rentangkan.

sahabat....!!!
apakah gw harus berhenti mencari???
apakah gw harus menghentikan langkah????

sahabat...
ternyata aku memang harus berhenti, lelah dengan perjalanan yang berbelok.
karena hari ini aku tidak mampu berkata,
karena hari ini aku sudah memakan buah simalakama.

Sunday, March 18, 2007

satu kalimat saja

terima kasih untuk khalik sang penguasa

Wednesday, March 7, 2007

BELATI JIWA


Tikaman.....
tepat pada jantung yang sedang berdetak lemah,
saat terkekang dalam kandang kesunyian....
kala langit menjatuhkan keringat yang berucuran....
..... aaahhh,... aku mati kawan....

HUjaman.....
horizontal pada sasaran, menusuk angan....
aku limbung tak karuan....
harus memilih antara memeluk kesunyian atau mendekap bayangan..
..... aaahhh,... aku mati kawan....

Sayatan....
mengiris perasaan, tatapn kosong tanpa objek menawan,
tak bisa menghindar, kuharus hayati lamunan......
antara pikirkan masa depan atau selangkangan....
..... aaahhh,... aku mati kawan....

sempit, gelap, dingin tajam keras menghantam
perlahan meracuni pikiran...
aku kosong... aku harus isi ulang
..... aaahhh,...lagi lagi aku mati kawan....


sejurus aku mendapat pancaran,
visualisasi semu dari sebuah lakon yang sewindu lalu aku mainkan
pahit, getir, sangat menyakitkan....

Namun dengan modal kenekatan...
aku usung keranda dan kusemayamkan,
dengan Ego aku kuburkan.....

AAAhhhhhh..... cepat hentikan
ini adalah sebuah pembantaian......
cepat hentikan selagi ada kesempatan


aku tidak main hati,
karena ini adalah media bumi
yang membawa aku pada tendensi
untuk bunuh diri......

Friday, March 2, 2007

KONTRA POSITIF

..." Cobalah Positif Thinking....!!", kata-kata atau nasehat seperti ini seringkali kita dengar, dalam keseharian kita, begitupun yang gw alami belakangan ini ketika mendapat hasil yang tidak memuaskan dalam hasil wawancara atau test rekrutmen, karena gw berpikir selalu yang jadi saingan terkahir adalah family ataupun kenalan dari yang empunya perusahaan dan pejabat perusahaan tersebut.

ya udah... Positif thinking aja,, lagi lagi yang jadi pikiran gw adalah kata-kata yang menjadi sebuah kalimat tersebut yang selalu gw dengar.... Baik yang keluar dari mulut ORANG BIJAK, ORANG YANG BELAJAR BIJAK, bahkan dari ORANG YANG PURA-PURA BIJAK..... (hehee ,,, gw termasuk dalam golongan yang mana ya..???).

satu lagi... PMA (Positif Mental Attitude)......
nah,,, kalau istilah yang ini kayanya udah jelas berasal dari orang yang berpendidikan, intelek, dan yang pasti datangnya dari orang BULE, atau dari belahan dunia barat sono deh..!
Yang aneh.... istilah ini justru gw dengar pertama kalinya sewaktu masih SMA dari sebuah lirik lagu dari band yang beraliran PUNK ( yan nyata-nyata gaya hidupnya jauh dari kesan positf)
......think.... it..?????

Dari spontanitas coretan langsung gw tanpa ada proses edit, akhirnya gw bertanya lagi pada diri sendiri....?
* apakah setiap masalah harus kita sikapi dengan sikap positif...?
* kapankah gw perlu bersikap/berpandangan positif.....?
* apakah benefit yang gw dapat dari sikap positif/positif thinking...?
kontra
.... KOK SAMPAI SEKARANG IJAZAH YANG GW ADU DENGAN NASIB, BLOM MENCAPAI HASIL YANG POSITIF......

hahahahahhahahhaha.......... shit!! ... tenyata gw udah mulai menjadi penganut NMA (Negatif Mental Attitude).........

Tuesday, February 13, 2007

patience


sabar.......... kenapa sih banyak banget orang yang bilang begitu ke gw,,,,, ketika dia bertanya,,, eh udah dapet kerja lagi blom lo,,,? gw jawab blom bosss..... nah itu deh kata yang paing akrab banget sama gw belakangan ini,,

tapi tau gak sih mereka batasan dan arti dari sabar,,,,? pernah gak mereka itu merenung.... ato kata kasar yang gw lontarkan,,,,, coba lo jadi gw,,,,,, mau gak dengr kata-kata seperti itu. siapa sih sabar..? mahkluk mana sih,,? orang jawa ato orang arab si SABAR ini. ah bodo lah..... kalo mas Sabar yang terkshir gw kenal itu tetangga deket rumah pengusaha tahu. tapi sabar yg sekarang akrab sama gw,,,,, masa bodo. biar ngalir aja deh, sambil usaha.


tuhan..... gw udah cape ngeluh,,,,
gw mau jadi orang yang apatis aja.....
terserah deh

ini doa ato umpat caci maki, silahkan malaikat yang catat, laporkan pada Tuhan.....
hari ini gw melupakan dia sejenak.............

Tuesday, February 6, 2007

banjeeerrrrr


udah... deh, gak ada alasan lain bagi orang-orang yang punya aktivitas di jakarta. pada musim ujan kaya gini niiiii..... pasti alasan berhentinya aktivitaS karena...BANJIR.

emang sih rumah aku gak kena banjir langsung, tp efek yang ditimbulkan sangat sama dengan korban banjir.... sekitar rumah bajir bangetttt, alias terkurung, MAU KELUAR KANDANG GAK BISA. lampua mateee udah 5 hari, air juga mateee padahal air sedang berlimpah tapi gak mandi, alhamdulliah bisa cuci muka ama gosok gigi.

capeeee ngereem. betelor di rumah.

SAPA YANG SALAH YAAAA...?
SAMPE KAPAN N TAHUN BERAPA BISA GAK BANJIR,,,,,,
NAH PIKIRIN DEH TUUUU................

Saturday, February 3, 2007

rentang hidup


dafrizal.. begitu nama ya da pada akte lahir yang di keluarkan kantor catatan sipil.
di catatan itu terlampir lahir di Padang, tanggal 9 desember.... ntah kenapa gw ikut2an orang gak mencantumkan tahun...... karena trend, ato emang malu ato takut dinilai tua. hua hua haaa

namun hari2 gw dari kecil sampe sekolan menengah di jakarta. yah sebutin SMA negeri 65 di bilangan jl raya kelapa dua jakarta barat.... jalan panjang ato jalan lingkar......

trus kuliah lagi... kebetulan ortu pada saat itu juga bukan orang kaya,,,(sampe sekarang juga masih spt itu)... gw kuliah ke Padang, di Universitas Bung Hatta. konon kabarnya tuh universitas spt itu langka banget,,,, sangat eksotis karena pas banget pinggir pantai, bahkan kalo lagi nongkrong di cafe pasti kecipratan ombak ato kena air yg di dorong angin laut.

ya udah singkat kata gitu...ntar yang lain di coba rangkai dengan cara alur yang tidak beraturan